Langsung ke konten utama

Pemograman Dasar Web Dinamis || PHP || Praktikum 19

Assalamu'alaikum..

penggunaan mulai dari type data syntax dan sebagai nya pada php

berikut pengertian singkat tentang php



Pengenalan php

PHP adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk membuat halaman web. 
PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor .
Awalnya, PHP adalah singkatan dari Personal Home Page yang pertama kali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf. 
PHP diciptakan pertama kali untuk keperluan mencatat jumlah pengunjung homepage nya. 
Perkembangan php saat ini dapat dilihat pada www.php.net.

aturan umum PHP

Setiap Script PHP hanya akan terbaca jiga diawali Tag Buka <?php dan di akhiri Tag Tutup ?>
Script PHP disimpan dalam sebuah file berekstensi .php
Penulisan Script PHP dapat dipisahkan dalam 1 file khusus atau menyatu dengan tag HTML.
Script PHP tidak case sensitive untuk beberapa fungsinya, namun untuk penulisan variable case sensitive.
Setiap satu statement diakhiri oleh semicolon (;)

Stringadalah sekumpulan karakter. Dalam PHP suatu karakter dianggap sebagai suatu byte sehingga ada 256 karakter berbeda.
    Suatu literal string dapat dinyatakn dengan tiga cara berbeda :
    - Tanda petik tunggal (single quote)
    - Tanda petik ganda (double quote)
    - heredoc sintax

Opertor ahadalah sekumpulan karakter. Dalam PHP suatu karakter dianggap sebagai suatu byte sehingga ada 256 karakter berbeda.
    Suatu literal string dapat dinyatakn dengan tiga cara berbeda :
    - Tanda petik tunggal (single quote)
    - Tanda petik ganda (double quote)
    - heredoc sintax

berikut ini beberapa contoh dari penggunaan Dasar PHP


1. Latihan

ini contoh penggunaan php

ini kodingan nya




ini hasil nya



2.petik single ('')

berikut kodeingan dan hasil nya

ini kodingan nya


ini hasil nya




3.petik double ("")

berikut kodeingan dan hasil nya

ini kodingan nya


ini hasil nya




4.Boolean

Boolean
adalah tipe data paling sederhana, yakni untuk menyatakan suatu nilai kebenaran TRUE (benar) atau FALSE (salah) yang bersifat case sensitive.
Contoh :
$lulus =TRUE;

berikut contoh penggunaan nya

ini kodingan nya


ini hasil nya






4.heredoc

String juga dapat dibatasi menggunakan tanda heredoc sintax(“<<<“). Identifier dituliskan setelah tanda <<<, diikuti string, dan kemudian ditutup dengan identifier yang sama.
    Teks heredoc berlaku seperti halnya suatu string dalam apitan tanda petik ganda yang dibuat tanpa petik ganda. Variabel yang terdapat dalam heredoc sintax akan ditampilkan nilainya, tetapi hati-hatilah dalam penempatan variabel tersebut agar tidak dianggap sebagai bagian dari string.

dan berikut ini contoh penggunaan nya

ini kodingan nya



ini hasil nya





5.latihan bio data

ini adalah contoh penggunaan php menjadi sebuah page 1 halaman
contoh nya bio data

beriikut hasil dan kodingannya

ini kodingan nya


ini hasil nya









terimakasih ..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Kontrol - Percabangan di PHP || Praktikum 21

halo selamat berjumpa lagi di blog Praktikum.. Pembahasan kali ini adalah mengenai pembahasan : Struktur Kontrol - Percabangan di PHP Percabangan Percabangan (decision-making) sebagai cara untuk untuk memeriksa isi suatu variabel atau hasil perhitungan ekspresi dan mengambil tindakan yang sesuai dengan kondisi variable tersebut. macam macam percabangan Bentuk If (If-else, If- else if – else, Nested If) Bentuk Switch-case Ternary( ?: ) Bentuk IF-Else if(condition){ // statement 1 goes here }else{ // statemant 2 goes here } // statement 3 goes here Bentuk IF-Else If if(condition1){ // statement 1 }elseif(condition2){ // statement 2 }else{ // statement 3 } // statement 4 Nested IF( If Bersarang) if(condition){ if(condition1){    //statement 1 goes here }else{    // statemant 2 goes here } }else{ // statemant 3 goes here } Switch-case switch(a){ case 1; // statement 1 goes here break; case 2; // statement 2 goes here break; case 3; //

Searching dan Ordering || Praktikum 31

Assalamualaiku.. Halo berjumpa lagi di blog praktikum.. kali ini saya akan membahas bagai mana searching dan ordering searching dan ordering ini digunakan untuk mencari sebuah data dengan kata kunci dan ordering digunakan untuk menglist atau mengururtkan data sesuang dengan angka atau huruf tertentu. Searching pada searching ini kita gunakan kondisi dan query sebagai berikut: yang pertama harus kita lakukan adalah membuat form yang berfungsi se4bgai <form action="index.php" method="get">             <table>                 <tr>                     <td>Cari Berdasarkan NIS dan NAMA                         <input autocomplete="off" required type="text" name="search" class="in" value="<?= @$search ?>">                         <button class="but" type="submit">Cari</button>                         <a href="tambah.php">

Introducing Framework Laravel || Praktikum

  Hallo Selamt Datang.. Kali ini Pembahsan Tentang FrameWork  Laravel Aadalah pengembangan website berbasis MVP yang ditulis dalam PHP yang dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, dan untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu.  Sebenarnya Framwork Php banyak jenisnya dan mempunyai berbagai keunggulan masing masing akan tetapi laravel menurut saya lebih mudah digunakan. Beberapa fitur yang terdapat di Laravel : Bundles, yaitu sebuah fitur dengan sistem pengemasan modular dan tersedia beragam di aplikasi. Eloquent ORM, merupakan penerapan PHP lanjutan menyediakan metode internal dari pola “active record” yang menagatasi masalah pada hubungan objek database. Application Logic, merupakan bagian dari aplikasi, menggunakan controller atau bagian Route. Reverse Routing, mendefinisikan relasi atau hub